Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan

Diposting pada

Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan

Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan – Ternyata asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan itu memiliki konsep yang berbeda loh. Di artikel ini perbedaan kita akan bahas hal yang mendasar pada Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan, berikut pembahasaannya.

Tabungan Pendidikan Anak:

Setiap orang tua pasti sudah memikirkan tabungan pendidikan untuk anaknya kelak, apalagi saat ini biaya sekolah mulai dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi memiliki rata-rata biaya yang tergolong tidak murah. Pastinya, sebagai orang tua mempersiapkan dan memilih pilihan terbaik untuk merencanakan tabungan pendidikan anak sangatlah diperluhkan.

Tabungan pendidikan anak yang bisa menajdi pilihan orang tua : Tabungan Pendidikan di Bank, Tabungan Emas untuk pendidikan

Manfaat tabungan pendidikan di bank :

  1. Hasil tabungan hanya sekitar memiliki return ( Bunga) antara 3-6%, sehingga Anda sebaiknya hanya menggunakannya untuk menyimpan dana pendidikan dalam jangka pendek, sekitar 2-5 tahun.
  2. Biaya administrasi yang diberikan bank setiap pengelolaan dan pajak.
  3. Setiap tabungan pendidikan Anak di bank biasanya akan dilengkapi juga dengan asuransi yang ditanggung oleh bank, namun nilainya tanggungan nya kecil atau tidak akan cukup untuk tabungan anak di masa depan. Seandainya Anda meninggal sebelum jatuh tempo, maka ahli waris nasabah akan mendapat dana senilai jumlah tabungan yang ditargetkan pada akhir tempo tabungan. Misalanya jika menabung 5 tahun ya asuransi sekitar tabungan anda 5 tahun dan itu pastinya tidak akan cukup untuk anak di masa depan apalagi pencari nafkahnya pun sudah tidak ada.
  4. Tingkat resikonya tabungan kecil.
  5. Prosesnya lebih mudah.

Manfaat tabungan Emas dan Investasi :

Asuransi Pendidikan Anak :

Ilustrasi Asuransi Pendidikan PRU CERAH

  1. Hasil dari kumpulan dana (return) bisa lebih besar dari tabungan pendidikan, karena dana Anda tersebut dijadikan produk investasi, seperti saham.
  2. Seandainya Anda selaku tertanggung meninggal, sakit kritis, ataupun cacat total (terjadi resiko) maka ahli waris akan mendapat dana tanggungan ’ sebesar Total Kontribusi yang telah dibayarkan (termasuk kontribusi yang dibayarkan atas beban dana tabarru dari Manfaat Bebas Kontribusi bagi peserta tambahan yang diasuransikan);
  3. Manfaat Penarikan Tunai Sekaligus akan diberikan pada saat Masa Tunggu Manfaat Dana Pendidikan berakhir sesuai dengan jadwal yang telah disepakati, dan besarnya bergantung pada Masa Tunggu Manfaat Dana Pendidikan yang dipilih yaitu: 8 dan 9 tahun : mendapatkan 30 kali Manfaat Penarikan Tunai Berkala dan 10 – 18 tahun : mendapatkan 36 kali Manfaat Penarikan Tunai Berkala;
  4. Resiko lebih besar dibandingkan tabungan biasa
  5. Pilihan metode pembayaran yang flexible dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Pilihan Wadah Pendidikan Dana yang Tepat.

Jika memilih berinvestasi untuk pendidikan anak, Pilihan asuransi pendidikan merupakan pilihan yang tepat. karena dengan jangka waktu yang panjang,

Ditambah lagi asuransi pendidikan adalah produk asuransi dan investasi yang digunakan untuk persiapan dana pendidikan sekaligus proteksi jiwa bagi nasabahnya. Sehingga jika nasabah meninggal dunia, cacat total atau sakit kritis, anak akan tetap mendapatkan dana pendidikan ditetapkan, ditambah dengan uang pertanggungan yang akan diberikan jika resiko terjadi.

Masih bingung memilih mana yang tepat antara tabungan pendidikan anak atau asuransi pendidikan?. Setiap pilihan memiliki keuntungannya masing masing, Anda perlu mempertimbangkan manfaat yang akan diterima dan juga kondisi keuangan keluarga Anda sendiri.

Karena jika untuk tabungan biasa anda tidak memiliki resiko yang besar jika tidak displin dalam mempersiapkan tabungan pendidikan. Sedangkan untuk asuransi pendidikan Anda harus memastikan kedisiplin dalam berinvestasi.

Anda harus memastikan polis asuransi tabungan pendidikan anak anda juga aktif, karena manfaatnya tidak hanya tabungan juga jaminan proteksi terhadap Anda dan keluarga.

Patinya jadi orang tua yang memiliki banyak rencana itu penuh tantangan, dan untuk memilih perencanaan pendidikan untuk Anak pastinya Anda tidak akan mengenyampingkan prioritas tersebut dan asal pilih kan.

Asuransi pendidikan Prudential PRUCerah menjadikan semua pilihan Anda jadi jadi lebih mudah. Kepastian dana pendidikan dengan surplus yang hampir sama dengan tabungan pendidikan. Bebas premi jika terjadi risiko pada orang tua. Dana pendidikan terjamin hingga perguruan tinggi.

Sekian artikel Adsenasia tentang  Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *