Doa Hujan: Cara Memohon Hujan Dalam Agama Islam

Diposting pada

Doa Hujan: Cara Memohon Hujan Dalam Agama Islam – Kita semua menyadari bahwa air hujan adalah salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan di planet bumi ini. Hujan membantu menjaga kesuburan tanah, menyediakan air minum, dan memberikan kehidupan bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Namun, terkadang kita dihadapkan pada situasi di mana hujan tidak turun selama periode yang panjang, dan ini bisa menjadi masalah serius. Oleh karena itu, dalam agama Islam, ada doa hujan yang dapat dilakukan untuk memohon agar hujan turun.

Doa Hujan: Cara Memohon Hujan Dalam Agama Islam

Doa Hujan Cara Memohon Hujan Dalam Agama Islam
sumber : Pexels
  1. Doa Hujan oleh Nabi Muhammad SAW

Doa hujan pertama yang dapat diamalkan adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini terdiri dari sepuluh ayat dan bisa dibaca setelah shalat Subuh atau Ashar.

“اللهم صَيِّبًا نافِعًا”

Artinya: “Ya Allah, turunkan hujan yang bermanfaat.”

  1. Doa Hujan dari Sahabat Nabi

Doa hujan kedua berasal dari salah satu sahabat Nabi, yaitu Abdullah bin Zaid. Doa ini juga bisa dibaca setelah shalat Subuh atau Ashar.

“اللهم اسْقِنا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مُرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍ، عَاجِلًا غَيْرَ آجِلٍ”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kami hujan yang mencukupi, hujan yang memberi manfaat, hujan yang menyegarkan, dan hujan yang tidak membawa kerusakan. Berikanlah hujan secepatnya dan jangan ditunda-tunda.”

  1. Doa Hujan oleh Umar bin Khattab

Doa hujan ketiga berasal dari salah satu khalifah Islam, yaitu Umar bin Khattab. Doa ini juga bisa dibaca setelah shalat Subuh atau Ashar.

“اللهم اسْقِنا الغَيْثَ وَلا تَجْعَلْنا مِنَ القَانِطِينَ”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kami hujan dan jangan membuat kami termasuk orang-orang yang kekurangan hujan.”

Dalam melakukan doa hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, lakukan doa hujan dengan niat yang tulus dan ikhlas. Kedua, percayalah bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita jika memang itu yang terbaik untuk kita. Ketiga, setelah melakukan doa, jangan lupa untuk melakukan tindakan nyata yang bisa membantu mempercepat turunnya hujan,

Sekian artikel Adsenasia Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *